Pelatihan Mengolah Batik Ecoprint Menjadi Handcraft

1. Pengantar



      

https://issuu.com/home/published/pengantar-dikonversi

Trend fashion selalu berganti mengikuti pergantian zaman.Meskipun pada kenyataannya kini kembali viral model fashion tahun 90an.Pada era sekarang handbag atau pouch dan juga totebag sangat digemari masyarakat terutama pada kalangan anak muda.Padahal sebelumnya totebag yang sekarang sedang trend hanya dijadikan tas belanja ibu-ibu rumah tangga atau tas untuk barang-barang tertentu saja,bukan tas fashionable dan dipakai untuk sehari hari.

   Klik di sini

2. Apa Itu Batik Ecoprint


 

https://issuu.com/home/published/pengantar-dikonversi__1_

Sesuai namanya ecoprint dari kata eco asal kata ekosistem (alam) dan print yang artinya mencetak, batik ini dibuat dengan cara mencetak dengan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar sebagai kain, pewarna, maupun pembuat pola motif. Bahan yang digunakan berupa dedaunan, bunga, batang bahkan ranting. Tidak seperti batik tulis atau cap yang pada tahap tertentu menggunakan bahan kimia, ecoprint menggunakan unsur-unsur alami tanpa bahan sintetis atau kimia. Karena itulah batik ini sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran air, tanah atau udara.

Klik di sini

3. Pembentukan Kelompok



 

https://issuu.com/home/published/kelompok

Sasaran kelompok pelatihan ialah pemuda dan juga ibu ibu rumah tangga di pedesaan.Sebagai pra pelatihan nantinya akan di berikan seminar tentang kewirausahaan dan dijelaskan potensi apa saja yang memungkinkan untuk di lakukan oleh mereka semua.

Klik di sini

4. Sasaran Produk



 

https://issuu.com/home/published/sasaran

Batik ecoprint yang motifnya tergolong universal,maksudnya tidak hanya untuk acara formal saja namun bisa juga dikenakan untuk sehari hari atau acara tidak formal membuatnya lebih mudah dalam proses pemasarannya.Karena batik ecoprint bisa digunakan untuk remaja hingga lansia.Bahkan anak-anakpun juga pantas mengenakannya.

Klik di sini

5. Analisis Produk



 

https://issuu.com/home/published/analisis

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal akan sentra batiknya.Sehingga untuk batik ecoprint sendiri memiliki lingkungan yang cukup mendukung.Pembuatan batik ecoprint sendiri sebenarnya tidak serumit batik tulis yang biasa di produksi di yogyakarta dan sekitarnya.Produk ecoprint nantinya akan dipasarkan di store,pameran,market place atau online shop yang memiliki jangkauan nasional hingga internasional.

Klik di sini

6. Pendanaan



 

https://issuu.com/home/published/pendanaan

Untuk sumber dana produksi ecoprint dan handcraft ini menggunakan pinjaman dari koperasi setempat.Namun untuk peralatan yang kiranya salah satu anggota atau beberapa anggota memiliki alat tersebut,nantinya akan meminjam alat tersebut dan tidak membeli alat yang baru.Kemudian selain itu juga ada dana sukarela dari setiap anggota namun sifatnya tidak wajib.

Klik di sini

7.   Perencanaan Pengembangan Produk




 

https://issuu.com/home/published/perencanaan

Untuk sementara handcraft yang diproduksi hanyalah totebag dan handcraft saja.Namun kedepannya akan di kembangkan menjadi sampul buku,tempat pensil,jilbab,dan lain lain.

Klik di sini

8. Strategi Promosi



 

https://issuu.com/home/published/strategi

Strategi promosi dari produk ecoprint ini awalnya menggunakan sistem getok tular terlebih dahulu atau sistem dari mulut ke mulut.Kemudian pada harganya diberikan harga promo terlebih dahulu.Nmaun selain sistem getok tular di laksanakan juga promosi di sosial media dan berbagai macam acara pameran atau festival di lingkungan sekitar.

Klik di sini


Power point handcraft dari batik ecoprint

Pre Test

Instagram

 

Daftar Pustaka :

https://mediacenter.slemankab.go.id/batik-ecoprint-kontemporer-unik-dan-ramah-lingkungan/#:~:text=Akhir%2Dakhir%20ini%20berkembang%20batik,batik%20tulis%20dan%20batik%20cap.&text=Tidak%20seperti%20batik%20tulis%20atau,tanpa%20bahan%20sintetis%20atau%20kimia.

Komentar